Dalam rangka mengembangkan bisnis di dunia digital, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan e-commerce baru bernama elevenia.co.id. E-commerce ini merupakan hasil joint venture antara XL dengan SK Planet, pemilik e-commerce terkemuka Korea Selatan www.11st.co.kr. Elevenia dioperasikan oleh anak perusahaan baru yang dinamai PT XL Planet.
CEO PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi mengatakan alasan mengapa perusahaan telekomunikasi yang dipimpinnya terjun ke e-commerce. Hasnul berujar jika kehadiran elevenia sejalan dengan strategi XL mengembangkan gaya hidup digital dan layanan data dalam menopang pertumbuhan operator itu di masa depan. Selain itu, elevenia sebagai open market place turut mendukung berkembangnya pelaku usaha dalam negeri dengan menyasar kalangan UMKM.
"Hasil riset tim marketing kami mengatakan setidaknya di Indonesia, dalam sebulan seseorang minimal membeli satu produk secara online. Sesuatu yang tak terjadi pada 5 tahun lalu," papar Hasnul.
Ia juga mengatakan bahwa pertumbuhan online shopping kini mulai merekah di Indonesia, meskipun nilai transaksinya masih terlampau kecil. Sejak tiga tahun lalu, Indonesia hanya menghasilkan 1,8% transaksi online dari total transaksi jual-beli di Indonesia.
"Masih tertinggal dengan negara Eropa dan Amerika yang sudah 5%. Namun secara umum, ada 10% penjualan online di dunia," ungkap Hasnul.
CEO Elevenia James Lee mengatakan, hingga situs elevenia dibuka pada 1 Maret 2014, terdapat lebih dari 7.000 seller dan 600 ribu lebih produk yang jual.
"Kemarin atau 2 minggu setelah peluncuran, saya menerima laporan bahwa total seller bertambah menjadi 8.000, hasil yang cukup memuaskan sebagai e-commerce baru," katanya.
Elevenia menjual 8 kategori produk, mulai dari produk fesyen, kecantikan & kesehatan, anak-anak dan bayi, home/garden, gadget/komputer, elektronik, hobi, serta service/food. Hasnul mengatakan, elevenia berharap akan masuk ke pasar dunia, tidak hanya pasar lokal.
"Menghadapi AFTA nanti, setidaknya elevenia dapat menjadi penghubung transaksi lintas negara, minimal Asia Tenggara. Ke depan, melihat SK Planet telah berada di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Bangladesh, Korea Selatan dan Turki, kami berencana memperkenalkan elevenia di negara-negara itu," ujar Hasnul.
Demi mendukung UMKM dalam menggarap pasar online, XL Planet menghadirkan fasilitas Seller Zone, yaitu area khusus para penjual untuk melakukan pemotretan barang maupun workshop secara gratis. Berlokasi di 3 wilayah di Jakarta, yaitu Plaza 89, Mangga Dua, dan Tanah Abang, setiap seller yang ingin menggunakan fasilitas di Seller Zone harus memenuhi persyaratan tertentu, yaitu produk yang dijual harus memenuhi standar elevenia.
Untuk pilihan pembayaran, e-commerce yang ditargetkan untuk kaum muda ini menawarkan beberapa pilihan pembayaran, mulai dari online payment, transfer antarbank, pembayaran via ATM, kartu kredit, dan XL Tunai.
"Sampai saat ini, kami baru bekerjasama dengan VISA, Bank Mandiri, Bank BCA, dan juga Bank Danamon. Jasa pengiriman kami telah bekerjasama dengan JNE dan Tiki," ujar James.